Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Pengaduan Masyarakat Secara Online

19861852

Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Publik Melalui Pengaduan Masyarakat Secara Online

Sebagai penjabaran atas Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2013 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang Tahun 2012-2025 dan Jangka Menengah Tahun 2012-2014 dan Instruksi Presiden RI Nomor : 1 Tahun 2013 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2013. Kementerian Sosial Cq. Inspektorat Jenderal melaksanakan Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi dalam bentuk Sosialisasi Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Pencanangan Dumas online Kementerian Sosial RI.

Upaya ini pada dasarnya sebagai bagian dari reformasi birokrasi yang telah dilakukan oleh Kementerian Sosial terkait dengan penguatan pengawasan dan peningkatan pelayanan publik dalam rangka mewujudkan tata kelola kepemerintahan yang baik (good governance).

Dalam konsep good governance adalah bagaimana melakukan perubahan dalam pengelolaan jalannya pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan public (the way of governance). Perubahan ini dapat diwujudkan manakala check and balance sudah dapat dijalankan oleh masing-masing pihak antara penyelenggara pelayanan dan pengguna pelayanan publik sehingga menjalankan fungsi kontrolnya secara optimal baik dalam bentuk penanganan pengaduan maupun kemudahan dalam menyalurkan pengaduan.

Kementerian Sosial dimulai dari Pencanangan Zona Integritas sampai pada penilaian satker sebagai wilayah bebas dari korupsi dengan penekanan pada satker yang memberikan pelayanan secara langsung terhadap masyarakat, namun hasil belum optimal. Kondisi ini bukan disebabkan dari upaya yang telah dilakukan namun lebih mengarah pada kesadaran dan komitmen dari penyelenggara itu sendiri yang belum kuat untuk berubah secara mendasar. Atas dasar tersebut Inspektorat Jenderal Kementerian Sosial RI melaksanakan kegiatan Launching Dumas online yang bertempat di Gedung Aneka Bhakti Kementerian Sosial Jl. Salemba Raya No. 28 Jakarta Pusat yang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial RI. Kegiatan ini dihadiri oleh Pejabat Struktural (Eselon I, II, III dan IV) di lingkungan Kantor Pusat Kementerian Sosial, Fungsional Auditor Kementerian Sosial, Kepala Satker UPT, Pengelola Keuangan, Penyelenggara Pelayanan Publik, dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa dan Narasumber Direktur Analisa Peraturan Perundang-Undangan, Asisten Utama Penyelesaian Laporan, Plt Asisten Deputi Penanganan Pengaduan Masyarakat dan Aparatur Deputi Bidang Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kesadaran dan pemahaman para Pejabat, Pengelola Keuangan, Penyelenggaran Pelayanan  Publik di Lingkungan Kementerian Sosial dalam upaya peningkatan pelayanan publik dan penanganan pengaduan masyarakat. Selain itu juga untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap publik, terbangunnya integritas aparatur Kementerian Sosial, Optimalisasi fungsi pengawasan masyarakat melalui sistem pengaduan yang terintegrasi di lingkungan Kementerian Sosial dengan memanfaatkan kemajuan Teknologi Informasi (TI).

dumas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


8 + = twelve

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>